Berkunjung Ke Situ Babakan

DKI Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia  yang didiami oleh berbagai macam etnis, budaya, dan agama. Kita semua pasti sudah tahu betawi adalah penduduk asli ibu kota Jakarta ini.  Sebgai penduduk asli ibu kota Jakarta ini sudah saatnya pemerintah profinsi ibu kota Jakarta membuat suatu perkampungan dan cagar budaya untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya khas betawi.

Sejak tahun 2004 bersamaan dengan HUT DKI yang ke-474 wilatah Situ Babakan yang terletak di Kel. Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan terpilih untuk menjadi wilayah pelestarian budaya dan perkampungan warga betawi. Wiliyah ini dipilih karena banyak warga asli betawi yang mendiami wilayah ini. Luas wilayah ini kurang lebih mencapai 165 hektar  terdiri dari  Danau, perkampungan penduduk, rumah ibadah, dan kebun rakyat.

Kita pun dapat berwisata dan mengunjungi tempat ini sambil menikmati  makanan khas betawi di pinggir danau. Untuk memasuki wilayah situ babakan ini kita hanya di kenakan biyaya parkir sebesar Rp 2000. Situ Babakan ini selalu ramai dikunjungi oleleh para pengunjung pada hari minggu. Kita pun dapat menonton tarian-tarian betawi seperti tari topeng, lenong, dan ondel-ondel disanggar yang disediakan. Namun acara tarian tersebut biasanya hanya di tampilkan pada hari sabtu dan minggu di saat pengunjung sedang ramai. Wilayah situ babakan ini masih sangat asri. Di danau yang terdapat di situ babakan kita dapat menyewa perahu bebek bekekan dan mengitari danau tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s