Kereta Api Kendaraan Ramah Lingkungan

Jakarta kian hari kian macet saja. Bayangkan saja berjalan dari pancoran hingga ke slipi jakarta barat sudah menghabiskan waktu 1 stengah jam. Belum lagi menikmati polusi udara yang harus kita hirup setiap hari. Ingin rasa nya menaiki suatu mode transportasi yang aman cepat serta nyaman.

Sebenarnya semua itu bukanlah suatu impian jika saja Perkereta apian di Indonesia mau berbenah diri dan memperbaiki sarana dan prasarananya. Menurut suatu artikel yang saya baca di majalah, Kereta api ternyata memerlukan energi yang lebih rendah per penumpang per mil di bandingkan pesat terbang, mobil, dan angkutan umum lainnya. Karena mode transportasi ini dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dan hanya menggunakan sedikit energi, tapi tentunya masih kalah ramah lingkungan jika dibandingkan berjalan kaki dan bersepeda.

Di damping itu , dengan efesiensi energi, perusahaan kereta api tidak akan terlalu terganggu bila ada kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM. Pada umumnya kereta api di kota-kota besar menggunakan sumber energi listrik. Kita tahu jika pemerintah ingin berusaha sedikit sumber energi listrik tidak hanya menggunakan BBM, tetapi bisa menggunakan Gas, Angin, Air, Bahkan Nuklir.

Pemandangan dari balik gerbongpun jelas tidak membosankan, tidak hanya awan putih, dan kemacetan yang kita lihat. Tetapi pemandangan indah benar benar di depan mata membuat perjalanan kita tidak membosankan. Apa lagi jika kita berkereta keluar kota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s