Perkembangan CT Scan Dalam Kedokteran

CT atau CAT scan adalah alat tes x-ray khusus yang dapat memproduksi gambar penampang tubuh dengan teknik menggunakan x-ray dan bantuan komputer.

CT ditemukan secara independen oleh seorang insinyur Inggris bernama Sir Godfrey Hounsfield dan Dr Alan Cormack. Hal ini segera menjadi andalan untuk mendiagnosis penyakit medis. Untuk penemuan  besar ini mereka, Hounsfield & Cormack bersama-sama dianugerahi Hadiah Nobel pada tahun 1979.

CT  Scan generasi pertama  memerlukan 2,5 menit untuk membuat setiap potongan gambar melintang,  gamabar yang dihasilkan pun dapat dikotori  oleh noda atau artefak yang disebabkan oleh pernafasan, peristaltik usus maupun denyut caskular dan jantung, sehingga  dapat mengganggu kualitas gambar. Pasien pun agak kurang nyaman pada saat melakukan  pemeriksaan.

Dengan CT Scan generasi terbatu dapat menghasilkan potongan gambar dalam ukuran hitungan detik, gambar yang dihasilkan pun memberikan perincian diagnostik yang lebih baik. Juga mampu melakukan pemeriksaan dalalm suatu daerah antomis tubuh yang luas dalam periode  sangat pendek dan efek radiasi yang dihasilkannya pun lebih sedikit.

Dengan demikian pemeriksaan CT Scan tekhnik helical (CT Scan Generasi terbaru) ini lebih tinggi ketepatan diagnosanya dan indikasinya  lebih luas serta pasien lebih nyaman dalam melakukan pemeriksaannya. Dengan CT Scan tekhnik helical ini  gamabar dapat dilakukam  rekonstruksi kembali dengan tabal irisan hingga 22mm.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk oragan tubuh secara lebih teliti. Untuk pemeriksaan organ –organ tertentu  (misalnya otak, paru-paru, hati kantung empedu, pancreas, ginjal, dan yang lainnya) akan diberikan kontras melalui suntikan. Kontras akan menambah sensitivitas bentuk kelainan-kelainan yang ada, sehingga dapat dibedakan dari jaringan yang sehat.

Demikian penggunakan CT Scan sejak awal sampai saat ini setelah banyak sekali kemajuan teknologi yang dicapai ,kemajuan ini dapat sangat bermanfaat untuk dunia kedokteran dan kesehatan. Di Indonesia sendiri tekhnologi CT Scan terbaru ini sudah dapat anda nikmati seperti di Rumah Sakit Haji Jakarta, yang teletak di Jalan Raya Pondok Gede No.4, Jakarta Timur. Dan anda dapat mencari lokasi rumah sakit yang lain di Street Directory Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s