Instalasi Radiologi dan Jenisnya

Sering saat kita berkunjung ke salah satu rumah sakit, kita melihat sebuah rungan tertutup dan diberi peringatan “awas bahaya radiasi”. Disana lah instalasi  Radiologi berada, merupakan salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan layanan pemeriksaan radiologi dengan hasil berupa foto/gambar/imejing untuk membantu dokter yang merawat pasien dalam penegakan diagnosis.

Radiologi adalah ilmu kedokteran untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Pada awalnya frekuensi yang dipakai berbentuk sinar-x (x-ray) namun kemajuan teknologi modern memakai pemindaian (scanning) gelombang sangat tinggi (ultrasonic) seperti ultrasonography (USG) dan juga MRI (magnetic resonance imaging).

  • Radiologi Sederhana (Konvensional)

Merupakan metode pengeobatan paling sederhana tanpa persiapan khusus dan perjanjian. Pasien pun dapat datang kapan saja.

Contoh:

Foto Rontgen

  • Radiologi Khusus (Dengan Zat Kontras)

Menggunakan zat kontras untuk mendapatkan hasil yang baik dan informatif. Zat kontras yang diberikan dapat berupa larutan barium khusus yang diminum, dimasukan melalui anus, atau berupa suntikan

Contoh:

Memeriksa saluran kemih, memeriksa saluran cerna bagian atas, dll.

  • Mammografi (Pemeriksaan Payudara)

Pemeriksaan radiologi khusus untuk payudara yang bertujuan mendeteksi adanya kelainan payudara seperti tumor, baik jinak maupun ganas. Pemeriksaan ini juga dijadikan sebagai alat uji saring adanya kanker payudara.

Dibuat 4 kali pemotretan, lama pemeriksaan antara 15-20 menit.

Untuk informasi lebih lanjut anda dapat membaca waspadai kanker payudara sejak dini.

  • USG Doppler (Berwarna 3 Dimensi)

Merupakan salah satu Modalitas imejing yang mengandung gelombang suara (Ultrasound) untuk mendapatkan gambar dari organ tubuh yang diperiksa, misalnya USG hati, limpa, ginjal, dan pemeriksaan keadaan janin dalam kandungan secara 3 dimensi.

  • CT Scan (Multislice)

Merupakan pemeriksaan radiologi  dimana dapat memperlihatkan secara detail irisan-irisan organ tubuh yang diolah secara komputerisasi. Dengan alat canggih ini pemeriksaan dapat lebih singkat. Dan organ tubuh dapat dilihat secara 3Dimensi.

Contoh : CT scan Kepala, Pembuluh darah koroner, DLL.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi CT 64, Generasi CT Scan terbaru

  • MRI (Magnetic Resonnance Imaging)

Merupakan teknologi imajing diagnostik tercanggih menggunakan prinsip magnetik dan radiofrekuensi, dengan metode ini akan dihasilkan gambaran organ tubuh yang diperikasa dari berbagai sudut pandang. Pemeriksaan ini paling aman karena tanpa menggunakan sinar X.

Contoh:

MRI Mammae / Breast, MRI kepala, tulang belakang, DLL.

Seluruh tekhnologi tersebut sudah tersedia hampir di seluruh rumah sakit-rumah sakit di Indonesia. Sebagai contoh Rumah Sakit Pusat Pertamina, yang terletak di JL. Kyai Maja No.43, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jika anda ingin mencari lokasi rumah sakit di Jakarta  yang lainya anda dapat mencarinya di Street Directory Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s