Akupuntur Medik Suatu Pilihan Dalam Pengobatan

Akupuntur Medik adalah salah satu cara pengobatan dengan perangsangan titik-titik tertentu (titik akupuntur) di permukaan tubuh untuk menyembuhkan suatu penyakit. Perangsangan tersebut dapat dilakukan melalui penusukan jarum, penyuntikan, penyinaran, dan sebagainya.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan maka di kalangan kedokteran berkembang akupunktur medik yaitu metode terapi akupunktur yang berlandaskan pada neuroscience, mengobati pasien dengan prinsip medik dan evidence based.

Akupuntur Medik telah dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit, baik secara tersendiri maupun sebagi penunjang terhadap cara pengobatan lain. Penusukan pada titik akupupuntur menimbulkan sedikit rasa nyeri yang tidak berarti.

Di Indonesia akupunktur mulai dikenal pada institusi kesehatan formal dengan ditetapkannya Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta sebagai pusat pengembangan ilmu Akupuntur pada tahun 1963. Hingga saat ini berkembang menjadi Akupuntur Medik.

Bagaimana cara kerja Akupuntur Medik?

Titik akupuntur merupakan daerah kulit yang telah diketahui berbeda dengan jaringan sekitarnya dalam tekanan listrik dan gelombang suara, serta dalam kepadatan jaringan sarafnya. Perangsangan pada titik akupuntur akan memberikan efek tertentu di tempat perangsangan ataupun di tempat  yang jauh dari tempat perangsangan melalui jalur mekanisme syaraf, humoral, dan meridian.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

POLIKLINIK AKUPUNTUR MEDIK RSCM

Jl. Diponogoro No.71 Jakarta

Telp. 021 3918470

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s